OTO

Ini Kiat Aman Saat Mengemudi di Malam Hari

Mengendarai mobil di malam hari pada umumnya sama seperti kita mengendarai mobil pada siang hari. Dua kondisi ini sama-sama memerlukan konsentrasi yang tinggi, selalu waspada dan berhati-hati. Namun kondisi malam hari yang gelap, apalagi dalam kondisi jalan yang kurang cahaya tentu juga meningkatkan resiko hal yang tidak diinginkan.

Saat berkendara pada malam hari, ada resiko kecelakaan maupun adanya ancaman tindakan kejahatan. Kuncinya, tentu meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan dalam mengemudi. Hampir 90 persen dari kemampuan seseorang saat mengemudi bergantung pada penglihatan. Namun kemampuan untuk melihat akan turun secara dramatis di malam hari.

Melansir dari situs Polri, dari semua kecelakaan mobil yang fatal, 49 persen terjadi pada malam hari. Bahkan, mengemudi pada saat mengantuk dan seketika hilang kesadaran atau tertidur memiliki tingkat kematian per mil hampir tiga kali lipat dari mengemudi di siang hari. Oleh karena itu, inilah tips aman saat berkendara di malam hari:

  1. Pastikan kaca mobil Anda dalam kondisi bersih dan tidak mengganggu pandangan. Kaca mobil yang kotor akan membuat daya pandang cukup terganggu.
  2. Atur sorotan lampu depan agar optimal.
  3. Gunakan lampu dengan kualitas pencahayaan yang baik.
  4. Sebisa mungkin jaga kondisi mobil Anda dalam keadaan baik saat akan melakukan perjalanan.
  5. Hindari penggunaan kaca film yang terlalu gelap.
  6. Membawa perlengkapan darurat khususnya perlengkapan standar mobil seperti alat dongkrak, segitiga pengaman, dan kotak P3K.
  7. Tetap fokus dan jika mengantuk lebih baik menepi di tempat yang aman dan beristirahat sejenak.

*Sumber: polri.go.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

To Top