OTO

Guys, Simak Tips Agar Terhindar Dari Celaka Saat Berkendara

Ada beberapa poin dasar yang penting untuk keselamatan saat berkendara

Foto: pixabay.com

(JAKARTA) Kecelakaan lalu lintas telah menjadi momok menakutkan sebagai perenggut nyawa di jalan raya. Kalau kamu rutin berkendara, terdapat beberapa poin keamanan dasar yang dapat menjauhkan kamu dari bahaya ketika mengemudi di jalan raya. Melansir dari situs NTMC Polri, ini ulasannya:

Awasi kondisi kendaraan kamu
Pemeliharaan kendaraanternyata juga penting untuk keselamatan berkendara. Dengan begitu, pemilik akan menyadari dan mendeteksi sejak dini apa saja masalah-masalah mobil yang tengah dialami mobilnya sebelum masalah itu menjadi besar mengakibatkan hal yang fatal. Jika mobil dirasa tidak enak, segera bawa mobil kamu ke bengkel terdekat untuk memperbaikinya.

Patuhi rambu
Rambu lalu lintas yang dipasang di jalan raya bukan hanya sebagai penunjuk jalan atau membuat lalu lintas menjadi lebih tertib. Rambu juga berfungsi untuk melindungi para pengguna kendaraan dari bahaya kecelakaan.

Jaga kecepatan
Akibat kesibukan yang tinggi seringkali membuat banyak pengemudi yang mengabaikan keselamatan lalu memacu kecepatan setinggi-tingginya. Demi mengejar waktu mereka tidak mengindahkan keselamatannya. Padahal selain membahayakan diri sendiri aksi itu juga akan membahayakan nyawa orang lain di sekitarnya.

Jaga jarak aman
Agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan, pengemudi sebaiknya selalu memperhatikan jarak aman saat berkendara. Pengemudi harus cukup cekatan untuk bereaksi jika mobil di depannya berhenti secara tiba-tiba.

Sabuk pengaman
Banyak para ahli berkendara sangat menyarankan agar para pengemudi tidak mengabaikan pentingnya pemakaian sabuk pengaman. Sabuk merupakan salah satu alat di dalam mobil yang dapat menyelamatkan nyawa.

Jangan menelepon
Sejumlah negara telah meloloskan undang-undang yang melarang penggunaan ponsel saat mengemudi. Alasannya adalah jumlah kematian yang dikaitkan dengan kegiatan tersebut ternyata cukup besar. Hal tersebut membuktikan bahwa aktivitas menelpon saat mengemudi adalah hal yang sangat berbahaya.

*Sumber: ntmcpolri.info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

To Top