OTO

Inilah Pentingnya Pakai Sabuk Pengaman Saat Berkendara

Berikut beberapa alasan pentingnya menggunakan sabuk pengaman saat berkendara

Foto: pexels.com

(JAKARTA) Mobil, bis, truk, pesawat dan taksi terpasang sabuk pengaman di dalamnya. Faktanya yang terjadi di lapangan, masih banyak pengendara yang lalai atau malah seakan cuek dengan benda yang begitu bermanfaat untuk digunakan oleh pengendara.

Bahkan oleh sebagian orang, sabuk pengaman baru ingin dikenakan saat dari kejauhan melihat ada polisi yang berpatroli, atau digunakan hanya demi terbebas dari razia saja.

Bagi kamu yang memiliki kendaraan, perlu mengetahui alasan pentingnya menggunakan sabuk pengaman. Melansir dari situs Polri, berikut beberapa alasan pentingnya menggunakan sabuk pengaman:

Faktor keselamatan
Sabuk pengaman berfungsi untuk menjaga keselamatan para pengendara. Ini berfungsi sebagai pelindung badan ketika pengendara harus terdorong ke depan ketika terjadi benturan atau keadaan yang tidak terduga seperti kecelakaan.

Penyelamat saat kecelakaan
Alasan kedua, sabuk pengaman adalah benda yang peduli akan keselamatan usia kamu. Masih banyak orang yang menganggap sabuk pengaman hanya sebatas benda saja. Faktanya, benda tersebut dapat memperpanjang usia kamu saat terjadi kecelakaan.

Berkendara lebih nyaman
Kamu dapat berkendara lebih fokus karena posisi duduk yang nyaman. Sabuk pengaman akan memaksa kamu mau tidak mau duduk tegak saat menyetir. Tubuh tidak dapat bergerak ke kanan dan ke kiri dengan mudah karena sabuk pengaman mengikat erat pada bagian tubuh. Dan, sabuk pengaman tidak akan membuat sakit badan walaupun lama dalam perjalanan.

Mentaati peraturan lalu-lintas
Tidak perlu cemas ketika tiba-tiba ada polisi mengecek sistem keamanan dan keselamatan berkendara kamu. Ketika sabuk pengaman selalu terpasang, maka kamu akan terbebas dari pasal yang mengharuskan mengeluarkan sejumlah biaya.

*Sumber: polri.go.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

To Top