Rame

Wah, Situs Belanja Online Ini Bisa Kirim Barang Pakai Drone

(JAKARTA) Kendala lamanya waktu pengiriman barang kini sudah tidak berlaku lagi di situs belanja online ini. Di Beijing, China situs JD.com sudah menggunakan drone untuk mengirim barang pesanan pembelinya.

Melansir dari laman korporasi JD.com, disebutkan bahwa mereka sudah melakukan layanan pengiriman dengan JD drone sejak 2016.

Seberapa banyak waktu yang terpangkas dengan layanan ini? JD.com mencontohkan kalau barang dikirim melalui kurir memerlukan waktu 20 menit, maka dengan JD drone hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit saja, barang sudah sampai ke pembeli.

Drone yang digunakan merupakan hasil pengembangan dari JDX, sebuah laboratorium penelitian dan inovasi logistik milik JD.com. Ada tujuh jenis drone yang digunakan. Mereka mampu mengangkat beban hingga 50 kilo gram dan mampu terbang hingga 30 jam.

Awalnya, area China yang begitu luas menjadi permasalahan tersendiri untuk urusan kirim-kirim. Bahkan ada beberapa titik lokasi terpencil yang tidak terjangkau oleh industri e-commerce. Kini, dengan teknologi drone hal tersebut bukan masalah lagi. Saat ini terdapat lebih dari 300.000 jaringan yang tersebar di seluruh China yang siap melayani JD drone.

Boleh jadi, teknologi kirim barang menggunakan drone ini akan menjadi tren baru di dunia logistik. Apakah terobosan ini juga akan mampir ke Indonesia? Bagaimana menurutmu guys?

*Sumber: jd.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

To Top