Rame

NASA Berhasil Daratkan Robot Penjelajah Di Planet Mars

Badan antariksa Amerika Serikat sukses mendaratkan robot penjelajah mereka di planet Mars. Seberapa penting kah eksplorasi ini.

Foto: NASA

Badan antariksa Amerika Serikat NASA berhasil mendaratkan robot penjelajah mereka di planet merah Mars. Setelah melalui perjalanan selama 7 bulan dan menempuh sekitar 458 juta kilometer, robot penjelajah bernama Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport atau disingkat InSight sukses mendarat.

Dari laman situsnya NASA menjelaskan bahwa robot InSight akan menempuh misi selama 2 tahun. Robot InSight bertugas untuk mengumpulkan informasi dan mempelajari permukaan dan bagian dalam planet Mars untuk mengetahui bagaimana planet itu terbentuk termasuk juga dengan bumi dan bulan.

“Insight akan mempelajari bagian dalam Mars, dan akan mengajarkan kita ilmu berharga saat kita mempersiapkan untuk mengirim astronot ke Bulan dan kemudian ke Mars. Prestasi ini mewakili kecerdikan Amerika dan mitra internasional kami dan itu berfungsi sebagai bukti dedikasi dan ketekunan tim kami. Yang terbaik dari NASA belum datang, dan akan segera hadir. ” kata administrator NASA Jim Bridenstine.


Ini adalah kali ke delapan NASA mengirimkan robot penjelajah di planet tetangga bumi ini. Pertama kali robot penjelajah sukses mendarat di planet Mars adalah pada tahun 1986 yaitu robot Viking 1 dan Viking 2.

Pentingnya misi penjelajahan robot InSight adalah bukan sekadar mengumpulkan informasi permukaan planet Mars namun juga informasi tentang aktivitas tektonik Mars, suhu permukaan Mars dan pengaruh hujan meteorit pada planet Mars yang hanya memiliki 1 persen atmosfir untuk melindungi planet tersebut.

Robot InSight akan mengandalkan tenaga surya selama menjalani misi ekplorasi di planet Mars.

Salah satu gambar pertama yang dikirimkan oleh robot InSight dari planet Mars. Foto: Nasa

Jadi kita tunggu seperti apa hasil yang bisa dikumpulkan robot penjelajah InSight di planet merah ini. Jangan harap seperti di film Martian yang dibintangi oleh Matt Damon ya.

sumber: nasa.gov

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

To Top