Canggih

Google Assistant Bisa Jadi Penjaga Rumah?

Google Assistant dapat membantu si pemilik mengawasi keamanan rumah.

Foto: blog.google

(JAKARTA) Rumah kosong lebih rentan dimasuki maling. Maka penting untuk memiliki sistem yang dapat memantau, memperingatkan, dan mencegah kejahatan saat pemiliknya pergi. Inilah fungsi Google Assistant yang dapat membantu si pemilik mengawasi keamanan rumah, seperti disampaikan Director Smart Home Ecosystem Google, Michele Turner dalam blog Google, Selasa (28/8).

“Kami bekerja dengan beberapa merek keamanan rumah paling tepercaya untuk meluncurkan perangkat baru yang bekerja dengan Google Assistant,” tulis Michele. Lalu apa saja fitur yang terdapat pada Google Assistant untuk menjaga rumah?

Pantau rumah 24/7
Ada banyak kamera keamanan dan lampu di luar sana yang bisa bersinergi dengan Google Assistant selama 24 jam 7 hari non stop. Dengan Arlo Security Light yang baru, pemilik bisa mendapatkan notifikasi ketika adanya deteksi gerakan di rumah. Ada juga beberapa kamera seperti Nest Cam, yanga dapat untuk melakukan streaming pada televisi berkemampuan Chromecast. Jika ada penyusup datang, pemilik dapat mendengarkan dan berbicara. Suara pemilik akan keluar melalui kamera untuk menakut-nakuti mereka.

Mengunci dari mana saja
Fitur Smart Locks memungkinkan pemilik rumah untuk mengunci dan membuka kunci pintu rumah dari belahan dunia manapun. “Mulai besok, kami akan meluncurkan integrasi baru dengan Nest x Yale Lock. Pemilik rumah dapat menggunakan Google Assistant untuk memeriksa status kunci, menguncinya dari jarak jauh, dan bahkan memasukkannya dalam agenda rutin,” jelas Michele. Misalnya pemilik rumah dapat mengunci pintu secara otomatis sebelum tidur dengan mengatakan “Hai Google, selamat malam.”

Menjaga rumah tetap aman
Sistem keamanan cerdas adalah hal yang baru. ADT Pulse, Honeywell’s new Smart Home Security solution and Nest Secure alarm system akan memberi tahu sang pemilik rumah apa yang terjadi di rumah saat ia sedang pergi. Jika alarm berbunyi, pemilik akan mendapatkan notifikasi di ponsel dengan informasi tentang apa yang memicu alarm. Pemilik juga dapat mematikan alarm di ponsel mereka, dan menghubungi pihak yang berwajib jika ada tindakan yang mencurigakan.

*Sumber: blog.google

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

To Top