Canggih

Membandingkan iPhone Xs Max Dengan Samsung Galaxy Note 9

Bagaimana jika dua ponsel premium samsung dan apple diperbandikan? Apa hasilnya?

Foto: apple, samsung

Apple baru saja merilis generasi iPhone terbaru, ada 3 versi terbaru dengan yang layar paling besar adalah seri iPhone Xs Max dengan layar berukuran 6.5 inci. Sementara sang rival Samsung juga telah mengeluarkan seri terbaru ponsel flagship mereka yaitu Galaxy Note 9.

Dua produsen ini memang dianggap saling bersaing, terutama di pasar telepon seluler (ponsel) dan kerap kali produk mereka dibanding satu dengan yang lain.

Jika Apple memiliki iPhone Xs Max sebagai ponsel flagship maka Samsung mempunyai seri Galaxy Note 9 sebagai ponsel premium mereka. Bagaimana perbandingan keduanya?

Sistem Operasi

Walau kedua ponsel tidak memiliki sistem operasi yang sama namun iPhone X memiliki keunggulan karena telah mendapatkan sistem operasi terbaru yaitu iOS 12 sementara Galaxy Note 9 saat ini masih memakai android versi oreo 8.1.

Bentang Layar

Samsung Galaxy Note 9 memiliki bentang layar 6.4 inci sedangkan iPhone Xs Max memiliki layar 6.5 inci. Walau sama-sama menggunakan layar OLED namun Galaxy Note lebih unggul soal resolusi. Galaxy Note 9 dengan resolusi 2960 x 1440 (Quad HD+) sedangkan iPhone Xs Max 2688 x 1242.

Penyimpanan Data

IPhone Xs Max hadir dalam 3 pilihan kapasitas penyimpanan mulai dari  64 Gb, 256 Gb hingga 512 Gb sementara Galaxy Note 9 hanya tersedia dalam 2 pilihan 256 Gb dan 512 Gb.

Kamera

Sama-sama menggunakan dual kamera dengan kemampuan 12 MP pada masing-masing kamera dan mampu merekam video hingga resolusi 4K, pada bagian kamera belakang baik Galaxy Note 9 dan iPhone Xs Max hampir seimbang. IPhone memiliki keunggulan pada bagian kamera depan dengan kemampuan True Depth yang dilengkapi berbagai sensor.

Wireless Charging dan Baterai

Kemampuan untuk mengisi daya nir kabel sudah dimiliki seri Galaxy sejak beberapa generasi sebelumnya. Kini kemampuan mengisi daya nir kabel akhirnya dimiliki oleh iPhone sejak iPhone X begitu juga dengan iPhone Xs Max.

Foto: Belkin

Namun untuk kapasitas baterai Samsung Galaxy Note 9 lebih unggul dibanding iPhone Xs Max. Galaxy Note 9 disematkan baterai dengan kapasitas 4.000 mAh sedang iPhone Xs Max hanya 3.174 mAh.

Samsung Galaxy Note 9 punya beberapa hal yang tidak dimiliki rivalnya yaitu sebuah pena dan input untuk headphone, fitur yang masih banyak penggemarnya. Namun iPhone juga punya teknologi yang tidak hadir di Galaxy Note 9 yaitu eSIM. Meski sama-sama dual sim namun dengan eSIM miliki iPhone Anda akan lebih mudah berganti operator saat diluar negeri tanpa harus membeli kartu SIM fisik.

Foto: Samsung

Harga

Menentukan sebuah ponsel yang akan dimiliki bisa jadi tergantung pada poin satu ini yaitu harga. Dua ponsel premium ini cukup menguras kantong Anda jika ingin memilikinya. Samsung membandrol Galaxy Note 9 dengan harga sekitar 18 juta rupiah. Untuk iPhone Xs Max sendiri memang belum masuk secara resmi di Indonesia, namun untuk mendapatkan gambaran harganya, Di Amerika Serikat iPhone Xs Max dilepas mulai dari 1.099 dolar AS atau sekitar 16 juta rupiah.

Namun sudah bisa dipastikan jika masuk ke Indonesia maka harga iPhone Xs Max akan berbeda. Jadi, apakah sudah menentukan apa pilihan Anda?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

To Top