Canggih

Cara Menjaga Baterai Ponsel Agar Bisa Optimal

Sering sebal kalau baterai ponsel kamu cepat habis? Simak tips berikut agar baterai kamu lebih awet.

Ilustrasi: erl

Jika kamu yang lahir di era ponsel masih monokrom alias dua warna pasti tahu bagaimana durasi awetnya sebuah ponsel dibandingkan dengan sebuah smarphone atau ponsel pintar.

Namun memang tidak bisa dibandingkan antar ponsel jadul alias jaman dulu dengan ponsel saat ini. Hampir semua bisa kebutuhan kita bisa didapatkan melalui bantuan smartphone kita.

Banyaknya aplikasi dan kepintaran sebuah ponsel saat ini memang membutuhkan konsekuensi atau pengorbanan, salah satunya adalah kinerja baterai ponsel.

Walau kini sudah semakin besar kapasitas baterai sebuah smartphone tapi kita masih merasakan bahwa baterai ponsel saat ini masih terlalu cepat habis.

Nah jika kamu merasa baterai pada ponsel kamu cepat habis, berikut beberapa tip agar beterai ponsel kamu tidak cepat terkuras.

Tingkat Kecerahan

Atur kecerahan layar pada ponsel kamu seminimal mungkin. Ilustrasi: Erl

Pemakaian terbesar pada ponsel jika kamu menggunakan secara normal adalah pada layar. Kamu bisa atur tingkat kecerahan layar ponsel kamu seminimal mungkin dimana kamu masih nyaman menggunakan ponsel kamu.

Jika lebih sering berada di dalam ruangan ada baiknya atur kecerahan layar ponsel kamu pada 20 persen saja. Memang kini hampir semua ponsel sudah di atur secara otomatis tingkat kecerahan, namun lebih baik kamu atur secara manual di kisaran 20 persen saja.

Aplikasi Menumpuk

Menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dan membiarkannya bisa menguras baterai ponsel kamu. Ilustrasi: Erl

Acapkali kita banyak membuka aplikasi namun lupa untuk menutup aplikasi yang berjalan tersebut. Banyaknya aplikasi yang bekerja membuat baterai pada ponsel kamu bisa cepat terkuras. Nah, sesekali coba cek ponsel kamu dan jika banya jendela aplikasi yang muncul, tutup aplikasi tersebut dan buka kembali saat kamu ingin menggunakannya.

Gunakan komputer atau laptop

Kamu bisa menjaga baterai ponsel kamu lebih awet dengan membuka aplikasi tersebut dari komputer kamu. Foto: pexel.com/kaboompics.com

Beberapa aplikasi umunya tersedia dalam versi desktop, atau bisa kamu buka melalui browser. Jika kamu berada di kantor atau rumah dan sering menggunakan laptop atau PC kamu, buka aplikasi tersebut pada komputer kamu.

Dengan membuka pada laptop atau PC kamu tentu baterai ponsel atau smartphone kamu lebih awet kan.

Kebiasaan Buka Ponsel

Jangan terlalu sering membuka ponsel kamu agar baterai lebih awet. Foto: pexels.com/tracy le blanc

Sebagai gawai yang hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari saat ini, ponsel atau smartphone seperti menjadi bagian dari diri kita. Coba kamu cek seberapa sering kamu melihat atau membuka ponsel kamu hanya untuk mencek status atau notifikasi aplikasi pada ponsel kamu.

Biarkan saja ponsel kamu jika kamu lebih banyak beraktivitas pada komputer kamu. Jangan terlalu sering membuka atau melihat ponsel kamu.

Nah, jika kamu coba praktikkan tip-tip diatas untuk menghemat penggunaan baterai smartphone kamu terutama saat kamu paling membutuhkannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

To Top