Canggih

Kartu Sim Ponsel Bisa Diretas? Ini Cara Mencegahnya

Ini dia tips dan cara mencegah peretasan kartu sim ponsel kamu

Foto: pixabay.com

(JAKARTA) Tindak pidana SIM swap fraud atau peretasan kartu SIM ponsel berhasil diungkap Bareskrim Polri. Kasus ini sangat merugikan salah satu nasabah bank hingga ratusan juta rupiah.

Polisi mengatakan masyarakat dapat melakukan upaya pencegahan agar tak menjadi korban kejahatan tersebut. Ada beberapa langkah untuk mengantisipasi sindikat SIM swap fraud meretas nomor ponsel.

Pertama, pemegang nomor ponsel diharapkan selalu memperbaharui username dan password aplikasi perbankan yang terkoneksi dengan ponsel.

“Update setiap 3-6 bulan,” kata Kasubdit I Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Dani Kustoni.

Cara kedua, pemegang nomor ponsel diharapkan menggunakan username dan password yang berbeda-beda di setiap aplikasi. Langkah antisipasi ketiga adalah merahasiakan data perbankan, seperti password internet banking, PIN kartu ATM, bahkan PIN ponselnya.

“Keempat, jangan publikasikan nomor ponsel di media sosial atau gunakan nomor ponsel berbeda untuk aktivitas perbankan. Kelima, jangan pernah memberikan informasi seputar perbankan termasuk kartu kredit, apabila ada telepon atau SMS tak dikenal,” jelas Dani.

Langkah yang tak kalah pentingnya, lanjut Dani, adalah memastikan keabsahan situs layanan internet banking yang dikoneksikan ke ponsel. “Pastikan bukan situs phising,” kata Dani.

Dani juga mengimbau masyarakat tidak membuka tautan yang tak jelas yang diterima melalui pesan singkat atau e-mail. Terakhir, Dani menyarankan pengguna internet atau mobile banking selalu mengaktifkan fitur notifikasi via SMS atau e-mail tentang transaksi perbankan.

*Sumber: ntmcpolri.info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

To Top