OTO

Mau Perjalanan Jauh Naik Motor? Simak Dulu Tips Ini

Kalau kamu adalah salah satu yang ingin melakukan perjalanan panjang menggunakan sepeda motor, berikut tips amannya

Foto: pixabay.com

(JAKARTA) Musim liburan akhir tahun biasanya juga dipakai sebagian orang untuk jalan-jalan. Sebagian lagi juga ada yang melakukan perjalanan panjang ke kampung halaman. Tak hanya menggunakan mobil, bus, kereta atau pesawat, kini sepeda motor juga banyak dipilih sebagai penghantar pulang kampung.

Kalau kamu adalah salah satu yang ingin melakukan perjalanan panjang menggunakan sepeda motor, berikut tips aman dari NTMC Polri:

Kecepatan
Kita bisa menyesuaikan kecepatan kendaraan kita sesuai kondisi jalan yang dilalui. Jika melewati pasar atau keramaian lainnya, usahakan kecepatan kita tidak melebihi 40 Km/jam. Bila jalan lengang atau sepi, bisa kita pacu dengan kecepatan 60 Km/ jam ke atas.

Posisi tangan
Posisi tangan sebaiknya menggenggam tuas gas dengan mantap, dengan punggung tangan berada di atas. Terkadang, khususnya para rider wanita, memegang tuas gas dengan posisi punggung tangan di bawah, karena takut punggung tangan menjadi hitam. Tentu hal ini tidak dianjurkan karena berbahaya.

Lihat spion
Gunakan spion kamu ketika akan menyalip atau berbelok. Jangan lupa selalu berikan lampu sein.

Porsi pengereman
Usahakan 60% rem depan dan 40% rem belakang, di mana hal ini menghasilkan kestabilan pengereman yang lebih baik.

Saat musim hujan
Ketika hujan turun, gunakan jas hujan dan usahakan pakai jas hujan 2 piece agar lebih pas di badan kita. Jas hujan kelelawar memberikan terpaan angin yang lebih besar dan dapat mengganggu kestabilan motor kamu. Pertimbangkan untuk berhenti sejenak saat hujan begitu deras.

Istirahat sejenak
Saat melakukan perjalanan jarak jauh, usahakan istirahat atau senam setiap 1,5 hingga 2 jam untuk menjaga kebugaran dan semangat kamu.

*Sumber: ntmcpolri.info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

To Top