Mobil

Hadir 40 Tahun, Ini Perubahan Mitsubishi Triton Dari Masa Ke Masa

Empat dekade berlalu, mobil pikap Mitsubishi ini memiliki perubahan baik dari segi bentuk, teknologi serta fiturnya

Foto: mitsubishi-motors.co.id

(JAKARTA) Mobil pikap Mitsubishi sudah memasuki usia yang ke empat puluh tahun pada 2018 ini. Mobil pikap yang sekarang dikenal dengan nama Mitsubishi Triton ini sudah memulai debutnya pada 1978.

Empat dekade berlalu, mobil pikap Mitsubishi ini memiliki perubahan baik dari segi bentuk, teknologi serta fiturnya. Berikut perubahan Mitsubishi Triton dari generasi pertama hingga yang terbaru:

Generasi Pertama (September 1978) 

Foto: mitsubishi-motors.co.id

Model pertama pikap Mitsubishi ini bernama FORTE, sementara di beberapa pasar ekspor menggunakan nama lain seperti L200 yang masih digunakan hingga saat ini. Sejak awal, FORTE dirancang untuk menghadirkan moda transportasi yang tangguh dan dapat diandalkan untuk penumpang dan angkutan barang.

Model ini hanya tersedia dalam pilihan single cabin. Ditenagai oleh mesin bensin 2.0 liter, dengan pilihan mesin 2.6 liter untuk pasar Amerika Utara dan 1.6 liter untuk pasar Jepang dan region lain. Pilihan mesin diesel 2.3 liter juga tersedia untuk pasar ekspor umum.

Generasi Kedua (Maret 1986)

Foto: mitsubishi-motors.co.id

Pada generasi kedua ini terjadi pergantian model total. Tiga tipe variasi bodi diperkenalkan: Single Cab, Club Cab, dan Double Cab dengan pilihan bodi pendek dan panjang untuk Single Cab. Pilihan penggerak 2WD dan 4WD tersedia dengan pilihan mesin bensin 2.0 liter, bensin 2.6 liter, dan diesel 2.5 liter (meningkat dari 2.3 liter).

Pada Mei 1991 diperkenalkan dengan nama STRADA untuk pasar Jepang (khusus Double Cab).

Generasi Ketiga (November 1995)

Foto: mitsubishi-motors.co.id

Pada edisi ini Mitsubishi menyajikan model truk pikap baru L200 STRADA yang diperkenalkan di Thailand. Produksi dipusatkan di pabrik MSC Laem Chabang untuk ekspor ke seluruh dunia. Terfapat tifa variasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab, dan Double Cab untuk ekspor. Model ini menggunakan mesin diesel 2.5 liter atau 2.8 liter dengan mekanisme 4WD yang dilengkapi dengan sistem inovatif “Easy Select 4WD”.

Generasi Keempat (Agustus 2005)

Foto: mitsubishi-motors.co.id

Pikap TRITON baru diperkenalkan di Thailand dan penjualan di pasar lain juga dimulai secara berurutan setelah peluncurannya di Thailand. Hadir dengan tiga konfigurasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab dan Double Cab yang ditenagai oleh mesin diesel common-rail pengembangan terbaru 2.5 liter dan 3.2 liter. Tersedia dalam pilihan penggerak 2WD dan 4WD yang dilengkapi dengan sistem “Easy Select 4WD” atau “Super Select 4WD”.

Generasi Kelima (November 2014)

Foto: mitsubishi-motors.co.id

Generasi kelima juga diluncurkan di Thailand yang diikuti dengan penjualan di negara lain.

Menggunakan tiga konfigurasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab dua pintu, dan Double Cab. Powertrain adalah mesin diesel pengembangan terbaru 2.4 liter MIVEC turbo, 2.5 liter turbo, dan mesin bensin 2.4 liter. Tersedia dalam pilihan drivetrain 2WD dan 4WD yang tersedia dengan sistem “Super Select 4WD-II” yang mengadopsi electronic actuator.

*Sumber: mitsubishi-motors.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

To Top