Kita

Gamelan Jawa Akan Tampil Di Konser Musik Klasik Di Swedia

Gamelan Jawa terpilih sebagai tampilan pembuka konser musik karya mendiang Claude Debussy di Swedia

Foto: kemlu.go.id

(STOCKHOLM) Sajian musik Gamelan Jawa terpilih sebagai tampilan pembuka konser musik karya mendiang Claude Debussy di Gedung Eric Ericsonhallen, Stockholm, Swedia pada 30 September 2018 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Stefan Bojsten, Ketua Panitia peringatan 100 tahun meninggalnya musisi kenamaan Perancis itu.

“Pemilihan gamelan adalah sangat tepat mengingat semasa hidupnya Debussy terinspirasi dengan musik tradisional Jawa,” kata Stefan yang saat ini aktif mengajar sebagai professor di Royal College of Music di Stockholm.

Puluhan musisi Eropa khususnya dari Nordik akan memainkan karya Debussy (1862-1918). Sedangkan musisi yang akan memainkan gamelan terdiri dari 12 orang yang kebanyakan adalah asli dari Swedia. Ketertarikan masyarakat Swedia akan musik tradisional ini disampaikan oleh Urban Wahlstedt.

“Kami sebagai penggemar musik gamelan bertujuan untuk melihat kembali gema peradaban gamelan dan sekaligus ingin mendalami mengapa Debussy menyukai gamelan,” papar pria 82 tahun tersebut. Urban Wahlstedt, seoarang dalang wayang kulit berbahasa Swedia dan penabuh demung ini menyatakan “mendapatkan” kedamaian ketika memainkan instrument tradisional Jawa.

*Sumber: kemlu.go.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

To Top