Kita

Mahasiswi Ini Ciptakan Pembangkit Listrik Portable

Mahasiswi Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil menciptakan sebuah perangkat yang dinamakan Pioneer

Foto: unair.ac.id

(JAKARTA) Mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil menciptakan sebuah perangkat yang dinamakan Pioneer (Spin Magnet Generator). Alat ini berfungsi sebagai pembangkit listrik yang free energy, zero emission, dan portable. Keren bukan?

Penemu alat ini adalah Siti Nurmala, yang juga Ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC) UNAIR. Dalam proses pembuatan Pioneer, Siti dibantu oleh empat rekannya: Tita Aulia Nur Utami, Mayasari Hariyanto, Muhammad Zulfa Abdillah dan Moch Andi Putra Jaya.

Menurut Siti, konsumsi energi listrik di Indonesia semakin meningkat dan cadangan bahan sumber pembangkit listrik semakin berkurang. Penghematan energi listrik perlu dilakukan agar cadangan energi listrik di Indonesia tidak cepat habis.

Prinsip kerja dari Pioneer ini cukup sederhana, yaitu memanfaatkan gaya dari arah flux magnetic yang berlawanan sebagai sumber energi listrik. Alat ini dapat menghasilkan energi listrik lebih besar dari energi masukan yang digunakan sehingga efisiensi penggunaan listrik lebih besar.

*Sumber: unair.ac.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

To Top