Kita

Ternyata Raja Thailand Kuno Ini Kolektor Batik Indonesia

Sebanyak 307 kain batik Indonesia dari tahun 1800-an terpajang di museum Istana Raja Thailand

Foto: Dok. kemlu.go.id

(JAKARTA) Memang benar jika pesona batik Indonesia sudah memukau dunia sejak lama. Di Museum Tekstil Queen Sirikit, Istana Raja Thailand (Grand Palace), Bangkok, baru saja dipamerkan 307 potong kain Batik dalam berbagai corak yang berasal dari akhir abad ke-19. Batik-batik ini merupakan koleksi Raja Chulalongkorn, yang berkuasa di era tahun 1800-an.

King Chulalongkorn                                         *Foto: thailandtrain.com

Pameran yang mengangkat tema “A Royal Treasure: Javanese Batik from the Collection of King Chulalongkorn of Siam” ini berlangsung pada akhir Oktober 2018 sampai musim semi 2021.

Kain batik yang dipamerkan adalah koleksi Raja Thailand ke-5, Chulalongkorn (Rama V). Pada masa kekuasaannya, Raja Chulalongkorn pernah mengunjungi Pulau Jawa sebanyak tiga kali, yaitu tahun 1871, 1896, dan 1901.

Foto: Dok. kemlu.go.id

Sejak kunjungan yang pertama, Raja Chulalongkorn menampakkan ketertarikannya yang besar terhadap seni batik, sehingga pada kunjungannya yang kedua dan ketiga Raja mulai mengoleksi kain batik dari berbagai sentra produksi batik di pulau Jawa.

Foto: Dok. kemlu.go.id

Setelah Raja Chulalongkorn wafat pada 1910, koleksi batik tersebut disimpan di Grand Palace dan belum pernah diperlihatkan ke publik selama lebih dari 100 tahun. Dengan demikian, pameran saat ini merupakan pameran pertama batik koleksi Raja Chulalongkorn. Keren bukan?

*Sumber: kemlu.go.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

To Top