Kita

Wow, 2 Pelajar Asal Kudus Ini Sukses Ciptakan Detektor Erupsi

Dua Siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus ini sukses menciptakan alat pendeteksi dini erupsi

Foto: pixabay.com

(JAKARTA) Gunung meletus atau erupsi adalah fenomena alam yang kerap melanda wilayah Indonesia. Adalah Azzalira Alayya Zahwa dan Alfi Fatimatuz Zahro, pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berhasil mencitakan alat yang dapat memberikan peringatan dini jika akan terjadi bencana erupsi.

Alat yang diciptakan oleh dua siswi kelas X MIPA ini bisa memonitor suhu, getaran, dan gas karbon monoksida sebagai peringatan dini terjadinya erupsi berbasis layanan pesan singkat (SMS). Penciptaan alat ini dimaksudkan untuk dapat meminimalisir korban jiwa jika terjadi bencana gunung meletus.

Foto: jateng.kemenag.go.id

Atas penciptaan alat ini, Azzalira dan Alfi keluar sebagai Juara I di ajang Kompetisi Robotik tingkat Nasional 2018 yang diselenggarakan Kementerian Agama. Acara ini berlangsung di Depok Town Square pada 3 hingga 4 November 2018.

Alat yang diberi nama Robot Mosugemo (Monitoring suhu, getaran dan karbon monoksida) ini menggunakan alat sensor dan dapat segera mengirimkan peringatan melalui SMS ke nomor telepon yang sudah ditentukan jika sensor mendeteksi gejala erupsi.

*Sumber: jateng.kemenag.go.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

To Top