Kita

Keren, Sepeda Bambu Dari Indonesia Ini Kian Mendunia

Satu lagi buah karya dari anak bangsa ini mendapatkan hati di mata dunia

Foto: spedagi.com

(JAKARTA) Satu lagi buah karya dari anak bangsa ini mendapatkan hati di mata dunia. Adalah Spedagi milik Singgih S. Kartono asal Temanggung, Jawa Tengah, merupakan merk sepeda bambu yang baru saja meraih penghargaan Good Design Gold Award 2018 di Jepang.

Foto: spedagi.com

Spedagi sendiri berasal dari kata ‘sepeda-pagi’, kegiatan bersepeda yang awalnya dilakukan Singgih S. Kartono untuk menjaga kesehatan. Pada tahun 2015, sepeda bambu Spedagi mulai dikembangkan Singgih.

Foto: spedagi.com

Setelah melakukan pencarian jenis bambu yang tepat, Singgih akhirnya memilih Bambu Petung, (Dendrocalamus asper) salah satu jenis bambu terkuat dan tersedia melimpah di pedesaan. Kala itu, Sepeda Bambu Spedagi lolos uji kendara Jakarta-Madiun sejauh 750 km, dengan total beban 90 kg, tanpa kerusakan apapun.

Foto: spedagi.com

Kini, kiprah Singgih dengan Spedagi miliknya kerap menerima pesanan dari mancanegara. Soal penghargaan, Good Design Gold Award 2018 adalah salah satu contohnya. Spedagi ini juga pernah meraih bronze award di DFA Design for Asia Awards 2017. Kalau kamu penasaran dengan harganya, Spedagi dijual dengan harga mulai dari Rp 3,5 juta.

*Sumber: spedagi.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

To Top