Kita

Keren, Organisasi Dunia Ini Dipimpin Orang Indonesia

Junior Chamber International (JCI) sejak Rabu (12/12) resmi dipimpin oleh putra Indonesia, Alexander Tio

Foto: Dok. kemlu.go.id

(JAKARTA) Junior Chamber International (JCI) sejak Rabu (12/12) resmi dipimpin oleh putra Indonesia, Alexander Tio sebagai Presiden organisasi tersebut. Dalam sejarah JCI, baru kali ini pertama kalinya orang Indonesia memimpin organisasi pemuda global yang memiliki lebih dari 170.000 anggota di seluruh dunia.

Kepemimpinan pemuda Indonesia ini juga merupakan sejarah bagi JCI sendiri yang secara berturut-turut dipimpin oleh wakil pemuda dari kawasan Asia Pasifik karena pada periode sebelumnya JCI dipimpin oleh pemuda Filipina. Setiap tahunnya, JCI dipimpin oleh seorang pemuda yang dipilih melalui mekanisme kongres yang dihadiri oleh perwakilan pemuda dari lebih dari 120 negara di dunia.

JCI merupakan organisasi pemuda global yang berasal dari Amerika Serikat dan bertujuan untuk memberdayakan pemuda melalui program kepemimpinan dan pengabdian pada masyarakat. 

Di Indonesia, JCI telah memiliki berbagai cabang di berbagaikota. Pada awal pendirian JCI cabang Indonesia dahulu, organisasi ini memiliki pertalian dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Alumni organisasi ini antara lain adalah Presiden Amerika Serikat Lyndon B. Johnson, G.R. Ford, John F. Kennedy, Richard M. Nixon, George H.W. Bush, dan Bill Clinton, serta Perdana Menteri Jepang Taro Aso dan Junichiro Koizumi.

*Sumber: kemlu.go.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

To Top